Tuesday, February 8, 2011

Perundingan Oposisi - Pemerintah Mesir tak memuaskan

KOMPAS.com — Departemen Luar Negeri AS, Senin, menyampaikan kritikannya terkait perundingan yang dilakukan Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman dengan pihak oposisi. "Perhatian kami adalah bahwa... diskusi yang terjadi itu tidak cukup luas," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, PJ Crowley.
Crowley menolak untuk menyebutkan nama-nama tetapi mengatakan, "Ada orang di Mesir, termasuk tokoh utama dalam masyarakat Mesir yang tidak diundang." Ia menambahkan, perundingan ini seharusnya bersifat inklusif.
Suleiman melakukan apa yang kantornya sebut sebagai "dialog reformasi yang sedang berlangsung" pada hari Minggu bersama sejumlah perwakilan dari berbagai kelompok oposisi. Namun, beberapa pemimpin protes telah memboikot pertemuan itu, dengan mengklaim bahwa pemerintah tidak serius bekerja ke arah perubahan yang nyata, dan sebaliknya, sedang mencoba untuk memecah oposisi dengan hanya mengundang beberapa kelompok dan tidak mengundang kelompok yang lainnya.
Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS menyambut baik rencana Suleiman untuk bertemu oposisi, tetapi, Senin, Crowley mengatakan, demonstran harus "menguji" motif sesungguhnya dari Pemerintah Mesir.

No comments:

Post a Comment